Bukit Panguk Kediwung

Yogyakarta memang terkenal kaya akan pesona berbagai pesona wisata yang dimiliki, termasuk wisata puncak dan bukit populer di Jogja. Salah satu bukit wisata yang tengah hangat populer saat ini adalah Bukit Panguk Kediwung yang sesuai namanya, terletak di Dusun Kediwung yang berada di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, bagian Kabupaten Bantul. Jaraknya dari pusat Kota Yogyakarta kurang lebih 20 kilometer, atau dapat ditempuh menggunakan kendaraan bermotor dalam tempo dua jam.

Tentang Bukit Panguk

Bukit Panguk baru berusia kurang lebih dua tahun sebagai destinasi wisata Jogja, karena baru diresmikan dan dibuka untuk umum sekitar pertengahan tahun 2016. Meskipun begitu, dalam waktu singkat Bukit Panguk menjadi tempat wisata yang populer berkat pengaruh sosial media yang kuat masa kini, terutama Instagram. Di mana banyak pengguna Instagram merasa Bukit Panguk menyajikan panorama yang sangat instagramable sehingga wajib diunggah pada sosial media khusus berbagi foto dan klip tersebut.

Panorama Bukit Panguk

Tidak salah bila Bukit Panguk dilabeli sebagai destinasi wisata Jogja yang sangat instagramable karena menawarkan panorama alam yang sangat indah. Wisatawan yang datang akan disuguhi pemandangan bagaikan tengah berdiri di atas awan berkat ketinggian Bukit Panguk yang membuat sekitarnya dikelilingi oleh awan-awan putih. Selain itu, disediakan beberapa spot gardu pandang untuk menyaksikan pemandangan matahari terbit dan tenggelam, yang mana merupakan salah satu daya tarik terkuat dari Bukit Panguk.

Fasilitas Bukit Panguk

Sebagai tempat wisata yang memang dieksplorasi dengan baik, pengelola Bukit Panguk menyediakan banyak fasilitas selain gardu pandang. Seperti toilet umum dan gazebo. Selain itu, bila wisatawan merasa lapar, tidak perlu khawatir karena di sekitar terdapat banyak warung yang menjual menu makanan murah meriah sehingga tidak menguras kantong.

Tiket Dan Retribusi Bukit Panguk

Sebenarnya wisatawan tidak dikenakan biaya tiket masuk untuk menikmati panorama Bukit Panguk. Hanya saja wajib membayar biaya parkir Rp. 2.000,- sampai dengan Rp. 5.000,- tergantung kendaraan yang dibawa. Sementara untuk menikmati gardu pandang, ada yang gratis, ada pula yang membayar sebesar Rp. 3.000,- per orang.