Hutan Pinus Mangunan, Tawarkan Pesona Taman Bunga yang Indah

Hutan Pinus Mangunan, menjadi salah satu obyek wisata yang populer di Yogyakarta bahkan hingga ke mancanegara, setelah pada tahun 2016 lalu foto-foto hutan dengan pohon pinus yang cukup rapat tersebut populer di berbagai media sosial. Kepopuleran hutan pinus yang terletak di Desa mangunan, Dlingo, Bantul ini pun kemudian bertambah populer semenjak dikunjungi oleh mantan Presiden Amerika Serikat, Barrack Obama.

Kepopuleran obyek wisata ini pun sebenarnya tak bisa lepas dari peran masyarakat dan juga dukungan pemerintah yang mengelola hutan pinus tersebut menjadi kawasan wisata yang sangat mempesona. Di hutan pinus tersebut, pengunjung tak hanya disuguhi dengan keindahan hutan pinus saja, tetapi juga disuguhi dengan pemandangan alam lainnya yang juga mempesona.

Telah dikembangkan sedemikian rupa sehingga menjadi tempat wisata favorit, selain menawarkan kesejukan udara di bawah pohon pinus yang dapat dinikmati dengan menggunakan hammock atau ayunan yang dapat dibawa sendiri oleh pengunjung maupun berfoto ria di bawah pepohonan pinus tersebut, di tempat ini pengunjung juga akan disuguhkan dengan jalanan setapak indah dengan kayu dan bebatuan putih yang kanan kirinya ditumbuhi oleh bunga.

Tak hanya itu saja, di sebelah timur hutan pinus ini pengunjung juga dapat menikmati keindahan bunga berwarna-warni yang ditanam disana. Taman bunga ini pun telah ditata sedemikian rupa sehingga tampak sangat menarik di tepi tebing. Disana, kamu dapat berselfie dengan latar bunga cantik berwarna-warni tersebut maupun duduk-duduk dikelilingi bunga yang indah sembari melihat ke arah timur yang menyajikan pemandangan hijaunya pegunungan sewu.

Di sisi timur kini, kamu juga dapat mencoba untuk naik ke gardu pandang yang telah disedikan. Gardu pandang tersebut sengaja ditujukan untuk melihat pemandangan lansekap pegunungan sewu yang terhampar hijau. Untuk dapat anik di gardu pandang tersebut, kamu tentunya harus antri terlebih dahulu dan ketika sudah sampai di atas kamu juga tidak boleh lama-lama karena antrian di bawah biasanya sangat banyak.

Selain itu, di hutan pinus ini juga terdapat sebuah panggung terbuka yang biasanya menyuguhkan pertunjukan musik. Panggung terbuka ini pun terlihat unik karena panggungnya berbentuk kayu dan kursinya juga berupa kayu berbentuk melingkar.

Untuk masuk di Hutan Pinus ini, kamu hanya perlu merogoh kocek Rp. 2.000,- saja dan kamu pun dapat menikmati berbagai fasiliats yang disediakan seperti tempat duduk, kamar mandi, gazebo, ayunan, dan juga panggung terbuka.

Di tempat ini juga sering digunakan sebagai tempat foto prewedding maupun fotografer yang sedang hunting foto karena pemandangan pohon ini dapat diekspolasi untuk berfoto dari berbagai sisi.