Pantai Baru, keindahan yang ada sejak lama

Menikmati Keunikan Pantai Baru – Meski tak setenar Parangtritis atau Krakal namun Pantai Baru di Jogja memiliki keunikan tersendiri. Kawasan pantai yang satu ini berbatasan langsung dengan Pantai Pandansimo dan Pantai Kuwaru, dan letaknya berdekatan dengan Muara Sungai Progo. Pantai ini disebut pantai “baru” karena belum diresmikan sebagai objek wisata pada bulan Mei 2010 lalu. Salah satu keunikan pantai ini adalah adanya Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid (PLTH) yang terletak di dekat pintu masuknya, terlihat puluhan kincir angin yang berdiri tegak di antara kebun dan semak-semak. Tentu saja, hal tersebut menjadi keunikan tersendiri dari Pantai Baru.

Perlu diketahui bahwa lokasi wisata Pantai Baru ini terletak di Pantai Pandansimo sebelah timur. Letaknya kurang lebih sekitar 30 Km dari pusat Kota Jogja. Di wilayah ini terdapat jejeran pantai-pantai yang mulai dibuka dan dikelola oleh Pokdarwis hal ini dimulai dengan semakin tingginya tingkat wisatawan yang datang ke Bantul. Di Pantai Baru ini, sangat cocok dijadikan sebagai obyek wisata untuk membidik fotografi yang begitu indah yang mungkin tak dimiliki di beberapa pantak Jogja lainnya

Tak hanya itu saja, di Pantai Baru ini juga tersedia persewaan ATV yang banyak tersebar di sekitar penjuru pantai ini. Untuk persewanannya sendiri, kawan-kawan hanya perlu merogoh kocek Rp 30 ribu saja. Tentu saja, menyusuri pasir pantai dengan ATV sepanjang rute yang disediakan, tentu memberi pengalaman avontur tersendiri untuk menikmati keindahan dan keunikan di Pantai Baru ini.

Di samping itu, di Pantai Baru ini pun juga sudah tertata rapi. Selain memiliki parkir yang memadai, kedai-kedai makanan berjajar secara teratur, menyediakan minuman seperti air kepala muda dan menu ikan laut. Di sisi lain, untuk biaya parkirnya sendiri terbilang masih relatif standar. Dimana, setiap pengunjung dengan kendaraan pribadi roda empat ditarik biaya parkir Rp 5.000. Mereka tidak menarik retribusi masuk lokasi karena petugas telah menarik retribusi di gerbang masuk Pantai Samas sebesar Rp 6.000 per mobil. Sedangkan sepeda motor ditarik Rp 2.000.