Pantai Parangkusumo yang Semakin Populer menjadi destinasi Wisata

Ada berbagai macam tempat wisata yang bisa anda kunjungi bila sedang berada di Yogyakarta. Mungkin anda sudah familiar mendengar pantai parangtritis yang menyajikan keganasan deburan ombak. Namun, ada tempat lain yang patut anda kunjungi karena mengunjungi Yogyakarta tidak butuh satu hari saja.

Bantul sebagai salah satu kabupaten yang ada di Yogyakartapun berperan penting dalam menghadirkan kawasan wisata yang mampu memanjakan para wisatawan. Ada banyak lokasi wisata populer di Bantul. Tentu masing-masing lokasi wisata akan menghadirkan sensasi yang berbeda.

Selain itu salah satu tujuan utama wisatawan mengunjungi Bantul adalah untuk melihat keindahan pantai yang dimilikinya. Bila anda belum punya pilihan pantai yang akan anda kunjungi ketika berada di Bantul, maka anda dapat membaca ulasan berikut ini.

  1. Pantai Parangkusumo

Tak jauh beda dengan pantai parangtritis yang terkenal dengan banyak mitorsnya, pantai parangkusumo pun demikian yaitu ada sosok mitos ratu pantai selatan. Sehingga acara-cara ritual pun banyak diselenggarakan di kawasan pantai ini seperti tirakatan, upacara melesti dan lainnya. Inilah yang menjadi daya tarik pantai ini.

Karena selain meikmati keindahan alam yang disajikan para pengunjung dapat melihat secara langsung ritual-ritual yang diselenggarakan masyrakat setempat. Selain datang saat tengah berlangsungnya upacara adat, anda dapat datang ke pantai Parangkusumo saat matahari tenggelam karena saat itu adalah waktu terbaik.

Anda juga akan menemukan bangunan bernama Cepuri yang digunakan untuk memanjatkan doa sebelum acara labuhan diselenggarakan biasanya pemanjatan doa dilakukan oleh pihak keratin Yogyakarta. Anda pun akan melihat dua batu besar didalam Cepuri.

Jangan lupa untuk mengabadikan momen anda saat sedang mengunjungi pantai ini dengan spot-pot panorama yang indah maka liburan anda tidak akan terlupakan.

  1. Lokasi Pantai Parangkusomo

Bila anda sedang berada di Bantul, anda dapat datang ke tempat ini karena lokasinya yang berada tepat di desa Parangtritis dengan kecamatan Kretek. Jarak dari pusat kota Yogyakarta sendiri adalah sekitar 30 km.

Untuk dapat masuk ke kawasan pantai ini anda cukup membayar sekitar Rp.3000 per orang dengan biaya parkir Rp. 2000 untuk roda 2 dan Rp. 5000 untuk roda 4. Terdapat beberapa fasilitas disana anatara lain penginapan, kamar mandi umum, warung-warung makan ataupun kios-kios yang menjual berbagai souvenir.